Minggu, 13 Maret 2016

Keterkaitan IMK dengan Disiplin Ilmu Lain



Pada zaman ini komputer merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan dan diabaikan oleh manusia, hampir pada setiap bidang yang manusia kerjakan saat ini membutuhan komputer. Interaksi antara manusia dan komputer tentu merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan agar hubungan antara komputer dan manusia bisa terjalin dengan baik, dan juga manusia dituntut untuk dapat memanfaatkan komputer dengan bijaksana dan dapat dipergunakan sesuai dengan fungsinya.
Menurut pengertiannya, Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) adalah disiplin ilmu yang mempelajari suatu hubungan antara manusia serta komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, serta implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.
Tujuan adanya ilmu Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) yaitu agar menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable), aman (safe), efektif, efisien, utilitas (Sistem dapat meningkatkan efektifitas dan efisien kerjanya), dan tentunya sama seperti penjelasan sebelumnya yaitu untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer.
Ilmu Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) juga memiliki keterkaitan terhadap disiplin ilmu lain. Berikut penjelasannya :
1. Ilmu Komputer
Ilmu komputer merupakan studi sistematik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan menstransformasikan informasi, baik itu berhubungan dengan teori - teori, analisis, desain, efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi - aplikasi yang ada padanya.
Dalam bidang ilmu komputer, kita dapat berbicara baik dari sisi perangkat keras maupun perangkat lunak. Untuk sisi perangkat keras, pastilah tidak dapat lepas dari pembicaraan tentang teknik elektronika, karena dalam bidang inilah kita dapat mempelajari banyak segala aspek yang berhubungan dengan perangkat keras komputer. Selain perangkat keras juga perlu adanya dibekali dengan keahlian dari sisi perangkat lunak sehingga kita mampu mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam program aplikasi. Dengan kata lain, bidang ini memberikan kita semacam kerangka kerja yang memungkinkan kita untuk merancang sistem Interaksi Manusia Komputer.
2. Psikologi
Keterkaitan antara Interaksi Manusia Komputer (IMK) dengan Psikologi yaitu dengan pendekatan kognitif untuk memahami perilaku manusia. Psikologi kognitif mempelajari tentang cara manusia menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat dan berpikir tentang suatu informasi.
3. Antropologi
Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia – komputer. Dimana interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada, antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.
4. Sosiologi
Interaksi manusia dan komputer mempunyai hubungan dari segi sebab akibat yang dihasilkan dari interaksi manusia dan komputer.
Sosiologi juga menyorot pengaruh dalam struktur sosial masyarakat. Maka demikian, Interaksi Manusia Komputer (IMK) juga harus memperhatikan lingkungan sosial agar masyarakat tidak mengecam bahwa pekerjaan mereka telah diambil oleh komputer. 
5. Perencangan Grafis dan Tipografi
Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog yang cukup efektif antara manusia & komputer.
6. Teknik Elektronika
Teknik Elektronika menyediakan teknologi kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer. Ilmu ini merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem interaksi mausia dan komputer.
7. Ergonomik
Aspek Ergonomi dalam Interaksi Manusia Komputer (IMK) merupakan suatu bidang studi yang menangani perancangan kegiatan dan tugas yang cocok dengan kapabilitas manusia dan limitnya serta faktor kenyamanan kerja seperti kenyamanan dari segi anatomi, psikologi, manajemen, tata letak ruang, dan peralatan yang mudah dijangkau bagi manusia dalam melaksanakan aktifitasnya.
Ergonomi merupakan ilmu yang menitikberatkan pada pembahasan mengenai manusia sebagai elemen utama dalam suatu sistem kerja yang berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja.
8. Linguistik
Linguistik merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah, dan lain sebagainya.
Agar interaksi manusia dengan komputer dapat berlangsung maka diperlukan sarana komunikasi yaitu software, agar dapat berkomunikasi dengan komputer dimana kita harus mengerti/menguasai salah satu bahasa komputer, misalnya Basic, Fortran, C-Language, Assembly, dll.
9. Perancangan Industri
Dalam keterkaitannya dengan Interaksi Manusia Komputer (IMK), ilmu ini membahas tentang produk - produk interaktif. Dengan semakin berkembangnya teknologi layar tampilan, penggunaan layar sentuh menjadi semakin populer. Penggunaan layar sentuh, beserta teknologi dibelakangnya telah menjadi bahan kajian yang menarik.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Interaksi Manusia dan Komputer atau biasa disebut IMK adalah disiplin ilmu yang mempelajari suatu hubungan antara manusia serta komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, serta implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) sendiri juga memiliki keterkaitan dengan ilmu – ilmu lain seperti ilmu Ilmu Komputer, Psikologi, Antropologi, Sosiologi, Perencangan Grafis dan Tipografi, Teknik Elektronika, Ergonomik, Linguistik, dan Perancangan Industri.
Dengan adanya ilmu Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan agar hubungan antara komputer dan manusia bisa terjalin dengan baik. Ilmu IMK banyak memiliki keterkaitan terhadap disiplin ilmu – ilmu lain, dimana keterkaitan tersebut diharuskan dapat meningkatkan interaksi manusia dan computer agar dapat terjalin dengan baik.



DAFTAR PUSTAKA
http://sk-tk.blogspot.co.id/2012/03/hubungan-interaksi-manusia-dan-komputer.html (diakses 11 Februari 2016)
http://jagungbaba.blogspot.co.id/2015/03/v-behaviorurldefaultvmlo.html (diakses 11 Februari 2016)
http://www.gurupendidikan.com/pengertian-interaksi-manusia-komputer-terlengkap/ (diakses 11 Februari 2016)
http://dindrirahmad.blogspot.co.id/2012/03/hubungan-interaksi-manusia-dan-komputer.html#.Vq9IcVk8TDc (diakses 2 Februari 2016)
http://robert-peth.blogspot.co.id/2013/02/keterkaitan-imk-dengan-ilmu-ilmu-lain.html (diakses 2 Februari 2016)
https://alimisyarirasyid.wordpress.com/2012/10/18/hubungan-interaksi-manusia-komputer-dengan-bidang-ilmu/ (diakses 2 Februari 2016)
http://karyasfa.blogspot.co.id/2014/12/bidang-ilmu-yangberperan-dalam.html (diakses 2 Februari 2016)
http://www.slideshare.net/ismiislamia/interaksi-manusia-dan-komputer-sosiologi (diakses 2 Februari 2016)
https://rahmannotes.wordpress.com/2012/12/05/aspek-ergonomi-dalam-interaksi-manusia-dan-komputer-tugas-imk/ (diakses 2 Februari 2016)
http://muchlisa-renhoat.blogspot.co.id/2012/03/interaksi-manusia-dan-komputer.html (diakses 2 Februari 2016)
http://okaampas.blogspot.co.id/2013/07/interaksi-manusia-komputer-tugas-1.html (diakses 2 Februari 2016)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar