Selasa, 24 November 2015

Smart Mobs

Hai semuanya. Maaf sebelumnya baru bisa update postingan yang sebenarnya untuk minggu lalu tapi malah sekarang baru bisa update hehehe.

Oke pada kesempatan kali ini saya berbagi informasi mengenai Smart Mobs!



Teknologi zaman sekarang memang sudah sangat berkembang,. Teknologi memudahkan kita sebagai masyarakat untuk saling berkomunikasi secara cepat dan mudah. Salah satunya, kita dapat dengan mudah menyampaikan aspirasi hanya melalui perangkat yang memiliki sambungan internet.

Teknologi juga memudahkan untuk mendapatkan massa untuk melakukan suatu kegiatan bisa dilakukan tanpa membuat kehebohan atau mengunjungi rumah orang satu - persatu, cukup dengan membuat petisi saja di sebuah media sosial kita bisa mendapatkan massa untuk mendapat dukungan melalui voting misalnya, atau kita membujuk masyarakat pengguna media sosial untuk ikut dalam suatu acara yang dimana hanya direncanakan melalui media sosial. 

Smart mobs atau massa pintar merupakan sebutan untuk hal - hal pengumpulan massa seperti diatas. Secara umum pengertian Smart Mobs adalah sekelompok manusia mendadak berkumpul di tempat umum, lalu melakukan aktivitas bersama - sama dalam waktu sangat singkat dan langsung bubar untuk kembali ke aktivitas masing-masing. Peserta tidak saling kenal karena persiapannya dilakukan diam-diam, bahkan lokasi baru diberitahukan pada H-1. Dalam pengertian lain Smart Mobs juga diartikan sebagai suatu istilah yang berkaitan dengan penggunaan teknologi sebagai media yang memiliki mobilitas cukup tinggi untuk melakukan suatu proses social secara masal. Konsep ini pertama kali dikenalkan oleh Howard heingold yangdituangkan dalam bukunya yang berjudul “ Smart Mobs Is The Next Social Evolution”. 

Pada dasarnya, Smart Mobs adalah implementasi praktikal dari inteligen kolektif. Berdasarkan Rheingold, salah satu contoh dari Smart Mobs adalah demonstrasi yang diorganisir oleh penggerak anti globalisasi. Contoh lain dari penerapan Smart Mobs antara lain: 

Dikatakan Smart Mobs pada saat seseorang yang mengatur sebuah pertemuan melalui internet kemudian orang tersebut muncul pada toko retail pada waktu tertentu, dan menggunakan nomornya untuk mendapatkan diskon pada toko tersebut. 

Tokopedia, sekumpulan orang yang diberdayakan oleh internet dan Tokopedia untuk membeli dan menjual serta mengelola kualitas kontrol atas semua transaksi melali sistem rating. Konsumen dapat meninggalkan feedback positif, negatif, atau standar, bergantung kepada bagaimana perasaan pengguna terhadap transaksi mereka dengan penjual.

Nah itu saja yang dapat saya bagikan informasi pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat !!!


Sumber :
Share:

0 komentar:

Posting Komentar