Hai semuanya. Maaf sebelumnya baru bisa update postingan yang sebenarnya untuk minggu lalu tapi malah sekarang baru bisa update hehehe.
Oke pada kesempatan kali ini saya berbagi informasi mengenai Smart Mobs!
Teknologi zaman sekarang memang sudah sangat berkembang,.
Teknologi memudahkan kita sebagai masyarakat untuk saling berkomunikasi secara
cepat dan mudah. Salah satunya, kita dapat dengan mudah menyampaikan aspirasi
hanya melalui perangkat yang memiliki sambungan internet.
Teknologi juga
memudahkan untuk
mendapatkan massa untuk melakukan suatu kegiatan bisa dilakukan tanpa membuat
kehebohan atau mengunjungi rumah orang satu - persatu, cukup dengan membuat
petisi saja di sebuah media sosial kita bisa mendapatkan massa untuk mendapat
dukungan melalui voting misalnya, atau kita membujuk masyarakat pengguna media
sosial untuk ikut dalam suatu acara yang dimana hanya direncanakan melalui
media sosial.
Smart mobs atau massa pintar merupakan sebutan untuk hal - hal
pengumpulan massa seperti diatas. Secara umum pengertian Smart Mobs adalah sekelompok
manusia mendadak berkumpul di tempat umum, lalu melakukan aktivitas bersama - sama dalam
waktu sangat singkat dan langsung
bubar untuk kembali ke aktivitas masing-masing. Peserta tidak saling kenal
karena persiapannya dilakukan diam-diam, bahkan lokasi baru diberitahukan pada
H-1. Dalam pengertian lain Smart Mobs juga diartikan sebagai suatu istilah yang
berkaitan dengan penggunaan teknologi sebagai media
yang memiliki mobilitas cukup tinggi untuk melakukan suatu proses social secara masal.
Konsep ini pertama kali dikenalkan oleh Howard heingold yangdituangkan dalam bukunya yang berjudul “
Smart Mobs Is The Next Social Evolution”.
Pada dasarnya, Smart Mobs adalah implementasi praktikal
dari inteligen kolektif. Berdasarkan Rheingold, salah satu contoh dari Smart
Mobs adalah demonstrasi yang diorganisir oleh penggerak anti globalisasi. Contoh
lain dari penerapan Smart Mobs antara lain:
Dikatakan Smart Mobs pada saat seseorang yang mengatur
sebuah pertemuan melalui internet kemudian orang tersebut muncul pada toko
retail pada waktu tertentu, dan menggunakan nomornya untuk mendapatkan diskon
pada toko tersebut.
Tokopedia, sekumpulan orang yang diberdayakan oleh
internet dan Tokopedia untuk membeli dan menjual serta mengelola kualitas
kontrol atas semua transaksi melali sistem rating. Konsumen dapat meninggalkan
feedback positif, negatif, atau standar, bergantung kepada bagaimana perasaan
pengguna terhadap transaksi mereka dengan penjual.
Nah itu saja yang dapat saya bagikan informasi pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat !!!
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar