Minggu, 08 November 2015

[TUTORIAL] Penggunaan Dev-C++



Hai semuanya. Pada kesempatan kali ini, sesuai janji saya. Saya akan berbagai tutorial penggunaan Dev-C++ bagi yang ingin mencoba pertama kali atau bagi pemula. Sedangkan saya juga masih pemula hehehe.


Bagi yang belum punya software ini, bisa download disini

Yuk langsung aja simak tutorialnya!



Nah ini adalah halaman pertama saat menjalankan aplikasi Dev-C++.

Bagi kalian yang ingin mencoba koding pertama kali, klik menu File > New > Source File. Atau bisa juga langsung dengan menggunakan shortcut CTRL+N.
 
Kemudian tampilan akan menjadi seperti ini. Lalu, kita mulai koding deh di teks box berwarna putih yang di sampingnya ada angka itu.


Disini saya membuat kodingan untuk program Hello World. Untuk kodingannya bisa juga diliat di post saya yang sebelumnya.


Jika kita ingin menjalankan programnya. Klik menu Execute. Agar program mau berjalan, pertama kita harus compile dahulu kemudian baru run. Jadi kalian bisa klik Compile (bisa juga tekan F9) dahulu kemudian klik Run (bisa juga tekan F10). Atau lebih mudahnya lagi dengan klik Compile & Run (bisa juga tekan F11).

Kemudian program yang kita buat bakal muncul deh.
 
NB :
Jika misalkan pada saat mengkoding terjadi kesalahan, maka akan muncul pemberitahuan seperti dibawah ini.
 


Seperti gambar diatas merupakan contoh kodingan yang error. Pemberitahuan error akan muncul di bawah teks koding. Dan disana juga dijelaskan dimana letak error kodingan kita.

Nah sekian dulu dari tutorialnya. Kalau sempat mungkin saya buat untuk tutorial kedua. Semoga bermanfaat.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar