Rabu, 21 Oktober 2015

Memori


Pada kesempatan kali ini saya berbagai pengetahuan kepada kalian tentang Memori. Yap memori yang saya maksudkan adalah memori pada komputer atau PC (Personal Computer).



Menurut Wikipedia, memori adalah media penyimpanan data sementara pada komputer. Nah kalau menurut saya memori adalah bagian terpenting dari komputer yang berfungsi sebagai penyimpanan. Tapi dari dua pengertian tersebut memiliki maksud yang sama namun dengan cara penyampaian yang berbeda.

Untuk jenis memori secara umum dapat dibagi sebagai berikut:
RAM (Random Access Memory) 
RAM merupakan memori penyimpanan data sementara pada komputer. RAM akan berfungsi ketika komputer berjalan, sedangkan jika komputer dimatikan data yang tersimpan oleh RAM akan hilang jika penyimpanan dilakukan sebelum prosesor pada komputer bekerja karena  data yang ada di komputer seutuhnya akan di simpan oleh Hardisk. RAM diperlukan sebagai penyeimbang data yang keluar masuk ke hardisk.


Cache
Cache adalah salah satu jenis RAM yang lebih responsif dibandingkan dengan RAM biasa. Pemeriksaan oleh CPU mengenai penyimpanan dalam memori cache sebelum ke memori pusat  akan memudahkan komputer menemukan informasi mengenai penyimpanan yang lebih besar hingga akhirnya ektraksi data akan berjalan lebih cepat dan tepat.

ROM (Read Only Memory)
Karena merupakan memori aktif, ROM dapat bekerja saat komputer hidup maupun mati. Isi di dalam ROM tidak bisa dimodifikasi ataupun dirubah. Memori jenis ini adalah sirkuit terpadu sebelum diprogramnya data penting dan harus selalu ada pada komputer demi terlaksananya fungsi normal.

Flash Disk
Memori ini merupakan jenis memori eksternal yang memudahkan pengguna komputer dalam proses pemindahan/transfer data dari komputer satu ke komputer lain secara nyaman dan mudah. Flash disk banyak digunakan oleh pengguna komputer karena mudah di bawa kemana-mana dan mampu menyimpan data dengan cepat. Untuk kapasitas penyimpanan tergantung seberapa besar kapasitasnya, mengingat flash disk satu dengan yang lain beberapa tidak sama. Data yang ada di dalam flash disk dapat diprogram sesuai keinginan pengguna mulai dari fungsi menyimpan data hingga menghapusnya.

Hardisk
Hardisk merupakan hardware penyimpan data penting yang ada di dalam sebuah komputer. Hardisk dapat dibagi menjadi dua yaitu Hardisk Internal dan Hardsik Eksternal. Untuk kapasitas dari hardisk sendiri saat ini berkisar pada angka 120 GB sampai 500 GB. Bagi yang ingin menyimpan data pada komputer, hardisk memiliki kapasitas yang besar dan mampu menampung data Anda dengan nyaman juga mudah baik ke dalam memori ataupun transfer data dari memori.

Sumber : http://com-xerocool.blogspot.co.id/2012/01/pengertian-memori.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar